Lompat ke konten

Penjelasan TransJ soal Jadwal Bus Real Time Bisa Dilihat di Google Maps

Foto: Detik.com

 

Instran.id – Direktur Utama PT Transportasi Jakarta Welfizon Yuza menjelaskan soal jadwal kedatangan dan posisi bus secara real time melalui aplikasi Google Maps. Saat ini, Transjakarta tengah membenahi IT untuk meningkatkan layanan kepada masyarakat.

“Kita lagi lakukan pembenahan di IT, fokusnya adalah untuk bisa memberikan layanan untuk masyarakat lebih baik, kemarin kita sudah rapihkan data sehingga masyarakat saat ini sudah bisa melakukan tracking bus di Google Maps,” kata Welfizon kepada wartawan, Jumat (17/5/2024).

Welfizon menyebut dalam waktu dekat, pihaknya akan melengkapi aplikasi TiJe miliknya dengan berbagai fitur baru. Namun, ia belum memberikan detail mengenai pembaruan fitur dalam aplikasi tersebut.

“Ditunggu saja, nanti kita akan launching, ini sebenarnya ‘warming up’ dulu data sudah ada bisa dilihat di Google Maps, tapi info yang lebih lengkap, fitur yang lebih menarik itu buat masyarakat kita sedang siapkan dalam waktu dekat akan launching,” ujarnya.

Lantas, apakah fitur real time di Google Maps akan kembali ditiadakan jika aplikasi TiJe telah diperbarui? Terkait hal ini, TransJakarta tetap akan melihat perkembangan terbaru. Mengingat, banyak turis pengguna Transjakarta lebih terbiasa membaca Google Maps dibanding aplikasi TiJe.

“Kita akan lihat perkembangannya kalau turis dari luar negeri itu kan tidak familiar dengan apps kita, jadi nanti kita lihat perkembangan,” terangnya.

Seperti diketahui, Jadwal kedatangan bus TransJakarta kini terintegrasi dengan aplikasi Google Maps. Jadwal kedatangan dan posisi bus bisa terpantau secara real time.

detikcom sempat mencoba fitur ini pada Selasa (14/5/2024) pukul 09.00 WIB di Halte Tegal Mampang, Jakarta Selatan. Caranya yaitu dengan membuka aplikasi Google Maps lalu klik ikon halte yang dimaksud.

Saat ikon Halte Tegal Mampang diklik, jadwal kedatangan bus-bus TransJakarta muncul secara live atau real time. Sebagai contoh saat detikcom memantau bus dengan rute ke Puri Beta, jadwal kedatangan yang tampil di aplikasi Google Maps sama dengan kedatangan bus tersebut di halte.

Di aplikasi Google Maps, pengguna TransJakarta juga bisa memantau berapa menit lagi bus tiba maupun posisi terkini bus yang hendak ditumpangi. Misalkan pengguna TransJakarta hendak naik bus 6V rute Ragunan-GBK, posisi dan perkiraan waktu tiba bus tersebut dapat dipantau.

 

Sumber: Penjelasan TransJ soal Jadwal Bus Real Time Bisa Dilihat di Google Maps (detik.com)

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *